Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit



Dunia Perpustakaan | UPDATE! | Mohon untuk bisa difahami bahwa tulisan ini hanya kami jadikan petunjuk awal bahwa sebenarnya selain penerbit Diva Press sangat memungkinkan untuk memberikan bantuan buku gratis kepada perpustakaan/TBM/Sudut baca/perpustakaan desa/perpustakaan pondok pesantren dan sejenisnya.

Hal tersebut dikarenakan setiap penerbit untuk jangka panjang memiliki "kepentingan" untuk keberlangsungan "bisnis" mereka yaitu menjual buku.

Secara strategi jangka panjang, penerbit pasti ingin terlibat, bagaimana supaya masyarakat Indonesia ini suka baca buku. Selain karena alasan penerbit yang ingin berkontribusi masyarakat Indonesia suka baca buku agar SDM terus semakin baik, namun secara bisnis, penerbit akan jauh diuntungkan jika masyarakat suka membaca, maka bisa dipastikan buku-buku penerbit akan laris jika minat baca masyarakat terus meningkat.

Hal tersebut dikarenakan, untuk di tingkat masyarakat yang sudah "gila baca", buku semahal apapun akan mereka beli, dan tidak mungkin hanya mengandalkan baca buku gratis di perpustakaan.

Karena kepentingan tersebut, maka diantara strateginya  penerbit yaitu dengan cara membagikan buku-buku gratis ke perpustakaan/TBM, dan sejenisnya.

Alasan lain kenapa penerbit pasti memberikan bantuan buku gratis, dikarenakan memang ada aturan terkait dana CSR.

Jadi, kami mohon setelah anda membaca tulisan ini, jangan kemudian hanya meminta bantuan ke penerbit Diva Press saja, tapi anda juga bisa membuat proposal yang sejenis yang ditujukan ke banyak penerbit-penerbit lainya.

Hal lain yang Anda juga perlu fahami, karena begitu banyaknya pengelola perpustakaan yang ingin mendapatkan bantuan buku gratis, sedangkan budget penerbit juga pasti terbatas, maka disini anda harus siap dan berani berkompetisi dalam kebaikan.

Dimana setiap penerbit juga pasti ingin memberikan bantuan buku mereka kepada perpustakaan/TBM yang terbaik, tepat sasaran, dan pihak penerbit berharap akan mendapatkan feedback positif ketika memberikan bantuan ke perpustakaan anda.

Jadi, terus bersemangat untuk memajukan literasi dengan terus berlomba-lomba dalam kebaikan dan kreativitas, termasuk saat meminta bantuan buku gratis dari banyak penerbit :-)
-----------------------------------------

Jika memang anda serius untuk membangun perpustakaan pribadi atau TBM juga perpustakaan desa serta yang lainya, ada banyak cara untuk memulainya.

(Baca juga: Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga)

Berikut ini merupakan salah satu Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit.

Selain diawali dari koleksi buku, anda bisa juga mengajukan permohonan ke pihak lainya. Mungkin yang paling banyak dan sering kita lakukan mengajukan permohonan buku ke pihak Perpustakaan Nasional atau perpustakaan daerah terdekat.

Tapi sekarang tidak sedikit penerbit yang mulai peduli membantu untuk membagikan buku-buku gratis untu dibagikan ke TBM atau perpustakaan. Salah satu penerbit yang bagi-bagi buku gratis tersebut yaitu Penerbit Diva Press di Yogyakarta.

(Baca juga: Cara Mendapatkan Bantuan Buku dari Perpustakaan Nasional )

Beberapa orang yang akan membangun perpustakaan atau TBM, kadang mereka tidak tahu bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit. Caranya sangat mudah, anda cukup kirimkan proposal ke pihak penerbit yang anda inginkan.

Biasanya aturanya di hampir semua penerbit sama, termasuk yang dalam tulisan ini dicontohkan adalah permohonan buku kepada pihak penerbit DIva Press Yogyakarta.

Untuk Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit salah satunya dari penerbit Diva Press, caranya sangat gampang. Berikut ini merupakan Cara Mendapatkan Bantuan Buku Gratis dari Penerbit khususnya penerbit Diva Press.


Silahkan ikuti caranya sebagai berikut:

Kirimkan Proposal permohonan bantuan buku anda ke pihak Penerbit DIVA Press a/n Kak Avifah Ve Sampangan gang Perkutut 325 B Baturetno Banguntapan Jalan Wonosari km 7 Yogyakarta 55197

Isi proposal:

  1. Sekilas gambaran perpustakaan dan taman bacaan
  2. Alamat perpustakaan/taman bacaan
  3. Target pembaca (anak-anak, remaja, santri, anak sekolah, orang dewasa, petani, pedagang, dll)
  4. Kontak person yang bisa dihubungi (wajib ada)
Nah, caranya hanya seperti itu saja, mudah kan?

Semoga saja nanti proposal-proposal tersebut bakal mendapat prioritas pertama untuk dikirimkan di gelombang kedua.

Ayo semangat untuk membangun perpustakaan dan TBM di Indonesia biar masyarakat Indonesia makin cerdas dengan budaya membacanya.

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi ke penerbit yang berkenan berbagi buku Gratis seperti Diva Press ini yach.

Anda juga bisa mencoba melakukan dengan cara yang sama atau disesuaikan dengan kebijakan masing-masing penerbit.

Silahkan anda rajin menghubungi banyak penerbit di seluruh Indonesia. Bisa melalui website, email, atau akun-akun sosial media mereka untuk meminta informasi terkait dengan cara untuk bisa mendapatkan bantuan dari penerbit-penerbit yang bersangkutan.

Tebarkan semangat untuk suka membaca dimulai dari diri kita, keluarga kita, teman, dan lingkungan terdekat kita.