15 Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak di Dunia (2)


Dunia Perpustakaan | Kami selalu menekankan dan ingin memastikan bahwa negara-negara yang besar dan maju, selalu dan selalu didalamnya ada peran pemerintah yang sangat support serta mengedepankan keberadaan perpustakaan, yang didukung tingginya minat baca masyarakat di negara-negara maju tersebut.

Fakta-fakta ini juga yang akan anda lihat dan temukan dalam tulisan ini, dimana negara-negara maju dipastikan selalu memiliki perpustakaan yang luar biasa keren, termasuk memiliki perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

Bahkan nanti anda akan melihat bahwa negara besar seperti Amerika Serikat bisa sebesar seperti sekarang ini karena faktanya negara AS ditopang dan memiliki dua perpustakaan yang masuk 3 besar (1 dan 3) Perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

Karena ada total 15 perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia, agar tulisan tidak terlalu panjang akan kami bagi menjadi 3 bagian (1, 2, dan 3), dimana masing-masing bagian kami ulas 5 perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

(Baca juga: 15 Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak di Dunia (1)

Berikut ini 15 Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak di Dunia bagian kedua yang kami sertakan anggaran tiap tahunya, dikutip dari rankred.com.

#6. Perpustakaan Nasional Jepang

Katalog : 41,9 juta koleksi
Anggaran Tahunan : ¥ 21,8 miliar

Penduduk Jepang dikenal sangat rajin membaca, tak heran perpustakaan di negara tersebut masuk ke dalam daftar ke-6 sebagai perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

National Diet Library atau NDL merupakan Perpustakaan Nasional Jepang. Perpustakaan Nasional Jepang ini didirikan tahun 1948 setelah dilakukan penggabungan dua entitas milik negara, yaitu perpustakaan Dewan Perwakilan Rakyat dan House of Peers (sekarang Dewan Dewan), untuk melayani anggota legislatif Jepang yang terpilih dengan lebih baik.

Perpustakaan Nasional Jepang ini memiliki koleksi publikasi nasional dan internasional dengan koleksi bahasa asing yang luas. Perpustakaan terbesar di Jepang ini mampu menampung 30 juta dokumen mengejutkan dari pendudukan pasukan Sekutu pasca-perang di Jepang, sekitar setengah juta buku sains canggih, dan hampir 500.000 peta.

Perpustakaan Nasional Jepang ini memiliki dua fasilitas utama, satu di Tokyo dan lainnya di Kyoto. Beberapa yang lebih kecil tersebar di seluruh Jepang.

#7. Perpustakaan Nasional Prancis

Katalog : 40 juta koleksi
Anggaran Tahunan : € 254 juta

Sebagai perpustakaan nasional Perancis, Perpustakaan ini berhak atas salinan setiap publikasi di negara tersebut.

Repositori digital di perpustakaan ini memberikan penggunanya akses ke lebih dari 4,2 juta dokumen, 500.000 buku, dan hampir 2 juta artikel dan majalah surat kabar.

Asal usul Perpustakaan Nasional Prancis ini dapat ditelusuri kembali ke Perpustakaan Kerajaan yang didirikan di Istana Louvre oleh Charles V pada tahun 1368. Sebagian besar bangunan modern perpustakaan dibangun selama ekspansi tahun 1998 di bawah Presiden François Mitterrand.

#8. Perpustakaan Nasional China

Katalog : 37,7 juta koleksi

Perpustakaan Nasional China (NLC) merupakan perpustakaan terbesar di Asia (berdasarkan ukuran katalog) dan salah satu yang terbesar di dunia. Meskipun perpustakaan awalnya didirikan pada 1909 di bawah dinasti Qing, perpustakaan itu secara resmi diresmikan tiga tahun kemudian di tahun 1912.

Tahun 1928, namanya diubah menjadi Perpustakaan Peiping Nasional sebelum secara resmi diganti namanya menjadi Perpustakaan Nasional China pada tahun 1987.

Perpustakaan Nasional Chin menaungi banyak karya sastra Cina yang sangat berharga. Perpustakaan Nasional Chin juga juga memiliki koleksi yang sangat langka seperti tulang dan cangkang yang berasal dari abad ke-16 SM, jurnal tertua yang masih ada tentang pengobatan Tiongkok, dan berbagai peta dan diagram kuno.

Sebagian besar publikasi terkini mencakup karya-karya Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pemerintah asing lainnya yang terdiri dari ratusan bahasa berbeda.

#9. Perpustakaan Nasional Rusia

Katalog : 36,5 juta koleksi.
Anggaran Tahunan : 570 juta Rubel

Perpustakaan Nasional Rusia terletak di St. Petersburg merupakan perpustakaan umum pertama dan tertua di Rusia (meskipun itu bukan yang terbesar). Perpustakaan Nasional Rusia bersama dengan Perpustakaan Negara Rusia (Moskow) serta Perpustakaan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, berfungsi sebagai deposit hukum untuk publikasi di negara tersebut.

Perpustakaan Nasional Rusia menyimpan sejumlah besar dokumen, jurnal, dan manuskrip mengenai warisan budaya dan nasional bangsa. Dari 36 juta item, 15 juta hanya berupa buku. Koleksi lain termasuk majalah, surat kabar, dokumen resmi, rekaman suara, database, peta, dan media lainnya.

#10. Perpustakaan Kerajaan Denmark

Katalog: 35.4 Juta koleksi
Anggaran: 385.9 juta Krona

Perpustakaan Kerajaan Denmark merupakan perpustakaan yang terbesar di wilayah Nordik (negara-negara Nordik). Didirikan oleh Raja Frederik III pada abad ke-17. Sejak saat itu, salinan dari hampir setiap karya cetak di negara ini disimpan di sini.

Karena beberapa sumbangan besar selama bertahun-tahun, perpustakaan sekarang memiliki hampir setiap publikasi yang dikenal dalam sejarah Denmark, termasuk buku cetak pertama (sekitar tahun 1482) oleh Johann Snell.

Pada 2015, koleksi perpustakaan berjumlah 35,4 juta item, yang hampir 20 juta adalah dokumen dan gambar, 6,4 juta buku dan jurnal sisanya adalah pamflet bersejarah, publikasi perusahaan, dan artefak lainnya. Koleksi digital perpustakaan ini sudah mencapai 791 terabyte dan masih terus bertambah.

bersambung......