Header Ads

Perpustakaan ini Pinjamkan Berbagai Barang Keperluan Warga


Dunia Perpusstakaan | Saat ini memang semakin banyak orang memiliki ide-ide baru, yang mungkin belum terikirkan oleh banyak orang. Kalaupun sudah ada yang memikirkan hal tersebut, namun tak semua orang berani mewujudkan ide dan pemikiranya tersbut.

Hal ini juga yang mungkin bisa kita lihat dari keberadaan perpustakaan bernama "Library of Things" yang berlokasi di London. Dimana saat kita berfikir bahwa perpustakaan adalah tempat orang untuk meminjam buku, namun perpustakaan di London ini justru meminjamkan berbagai macam jenis barang-barang yang dibutuhkan masyarakat.

Beberapa barang tersebut merupakan barang yang sering digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bor listrik, pemotong rumput, teleskop,tangga, bor listrik, kamera, gitar, alat tukang, tenda, perlengkapan traveling, dan lain-lainya.

Inisiator atas perpustakaan ini merupakan 3 sahabat baik bernama Emily Jewell, Joe Duggan, dan Margaret Adjaye.

Mereka memulai ide ini sejak mereka mendirikan perpustakaan yang sama di Berlin dan Toronto yang kemudian mereka kembangkan di London, yang ternyata mendapatkan respond yang positif dari masyarakat. Luar biasanya, dalam waktu 18 bulan, mereka sudah melayani lebih dari 1000 transaksi peminjaman di perpustakaan tersebut.

Perpustakaan yang mereka dirikan ini menyediakan lebih dari 400 benda yang dipinjamkan, yang mereka simpan di kontainer pengiriman.

Dengan adanya perpustakaan ini, masyarakat sangat terbantu karena mereka dalam menggunakan alat-alat yang ahrganya lumayan mahal, mereka idak perlu beli namun bisa berhemat dengan cara meminjam di perpustakaan tersebut.

Hal ini sangat sejalan dengan tagline dan motto dari perpustakaan ini yaitu "Meminjam Lebih Baik daripada Membeli", sebagaimana dikutip dari website resmi mereka libraryofthings.co.uk.

Untuk masyarakat yang ingin bergabung dan bisa meminjam barang di perpustakaan ini cukup mudah.

Masyarakat bisa pinjam berbagai macam barang disini | gambar: libraryofthings.co.uk
Masyarakat hanya melakukan pendaftaran jadi anggota secara online di www.libraryofthings.co.uk. Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya masyarakat bisa ngecek produk apa saja yang tersedia yang tidak sedang dipinjam, yang dalam katalognya tersebut juga disertai detail spesifik dari produk tersebut, lengkap dengan disertai biaya sewanya.

Daftar baang yang bsia dipinjam disertai biaya sewanya | gambar: libraryofthings.co.uk
Perpustakaan ini memiliki tiga misi utama yaitu terjangkau dan nyaman untuk siapa saja, bermanfaat untuk masyarakat, komunitas dan tetap ramah lingkungan. Jika ketiga misi etrsebut diatas etrcapai, maka capaian utama dari misi perpustakaan ini yaitu supaya amsayrakat di sekitar bisa  memaksimalkan penggunaan bersama dan membatasi produk konsumsi sehingga berakibat boros.

Para inisiator dan tim dari perpustakaan ini sangat rajin melakukan promosi misi mereka ini, tujuanya supaya semakin banyak perpustakaan semacam ini di ebrbagai daerah, supaya masayrakat sekitar juga bisa merasakan manfaat dari keberadaan perpustakaan Library of Things ini.

Tahun 2021, Perpustakaan ini sudah membuat rencana untuk membuka sembilan cabang baru di London dengan cara merangkul perpustakaan lain atau perumahan untuk bekerja sama.