Cara Menjadi Kontributor Tulisan di duniaperpustakaan.com

Dunia Perpustakaan | Sebelumnya terima kasih banyak kepada pembaca duniaperpustakaan.com yang selalu support kami untuk membaca dan share tulisan kami.

Kami tidak menyangka, duniaperpustakaan.com yang tadinya hanya sebuah blog yang dibuat karena keterbatasan dan sulitnya mendapatkan referensi terkait bidang dunia perpustakaan saat menjadi mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (2003 yang lalu), kini pengunjungnya semakin banyak dan terus bertambah.

Setelah beberapa waktu lalu sempat terhenti hingga sekian  tahun dan jarang update, mudah-mudahan sekarang dan seterusnya bisa sering update terus.

Karena banyaknya pertanyaan terkait dengan, "Bagaimana caranya agar bisa kirim tulisan di duniaperpustakaan.com?", sebenarnya kami sudash pernah membuka peluang untuk kontributor yang berperan untuk mengirimkan tulisanya ke redaksi.

Bahkan kontributornya dulu sudah mencapai ratusan. Namun dari ratusan tersebut yang aktif hanya beberapa saja, yang kemudian saat itu server hosting sering down, akhirnya kita lakukan penghentian sementara.

Dengan berjalanya waktu, akhirnya kami memutuskan untuk hostingnya sekarang kami gunakan platform blogger saja agar lebih simple dan memudahkan kontributor saat kirimkan tulisanya.

Mulai sekarang kami membuka kesempatan untuk mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP), dosen JIP, pustakawan, dan pegiat literasi yang suka menulis, silahkan bisa berkontribusi untuk mengirim tulisan untuk dipublikasikan di duniaperpustakaan.com.

ilustrasi: istockphoto.com

Alasan Kenapa Menulis di duniaperpustakaan.com?

Pengunjung duniaperpustakaan.com setiap harinya ribuan bahkan terkadang bisa mencapai puluhan ribu dalam sehari. Ini artinya memberikan peluang agar tulisan anda banyak dibaca dan memberikan banyak manfaat untuk pembaca.
Kami menekankan  bahwa untuk menulis banyak sekali caranya (tidak harus disini). Anda bisa menulis di medsos seperti di facebook, twitter,  blog pribadi, media cetak, dll.

Namun jika anda menulis di akun medsos anda, mungkin pembaca hanya mereka yang ada di list pertemanan anda, namun jika disini, pembaca anda rata-rata adalah mereka para mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, Pustakawan, pegiat literasi, yang memungkinkan akan tertarik dan mendapatkan manfaat langsung dari apa yang anda tulis.

Apalagi saat anda menulis disini, kami akan membantu untuk share di akun  FB kami yang saat ini sudah mencapai 19K follower dan masih terus bertambah setiap harinya. Sehingga tulisan anda berpeluang untuk dilike dan dishare oleh pembaca setia kami.

Anda bisa mengecek tulisan di duniaperpustakaan.com, rata-rata tulisan yang kami share di FB dunia perpustakaan, maka jikaamenarik, tulisan bisa dishare mulai dari puluhan hingga puluhan ribu SHARE yang itu artinya aanda memberikan manfaat untuk para pembacanya.

Jika anda bingung mau nulis tentang apa?

Mungkin berikut ini bisa kami rekomendasikan berdasarkan pprofesi anda saat ini sebagai apa?

Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan

Untuk mahasiswa Jurusann Ilmu Perpustakaan, anda bisa memulainya dengan kirim tulisan hasil tugas kuliah anda, skripsi, Tugas Akhir, Opini, dll selama masih terkait di bidang dunia perpustakaan.

Jika anda mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan, pastinya bisa merasakan bagaimana sulitnya mendapatkan referensi bacaan saat anda mendapatkan tugas untuk membuat makalah di bidang perpustakaan.

Hal tersebut dikarenakan memang masih minimnya tulisan-tulisan di bidang dunia perpustakaan yang dishare di internet. Kalaupun ada, biasanya punya penulis "itu-itu saja".

Kondisi hal tersebut tidak akan terjadi jika mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan di seluruh Indonesia ramai-ramai mempublikasikan tulisan tugas kuliahnya tersebut di internet, maka semuanya akan saling menguntungkan.

Referensi jadi semakin banyak, sehingga akan menambah dan memperluas wawasan kita. 

Diluar itu, kita juga bisa mengontrol dan mengecek sebuah karya tulisan tersebut, apakah hanya hasil plagiat, atau benar-benar karya sendiri.

Selain itu, dengan rajin menulis sejak mahasiswa, dan tulisan anda banyak menginspirasi dan banyak jadi referensi, maka diharapkan saat anda melamar kerjaan jadi pustakawan, anda akan lebih dimudahkan karena reputasi anda.

Pustakawaan (Pengelola Perpustakaan)

Untuk para pustakawan bisa mengirim tulisan dari yang sederhana, misalnya menulis profil perpustakaan anda, kegiatan perpustakaan anda, atau terkait dengan tips seputar pengalaman anda mengelola perpustakaan, bahkan bisa juga menuliskan curhat kalian, masalah yang dihadapi, suka dukanya menjadi pustakawan, bahkan anda bisa juga mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang misalnya kurang peduli dengan nasib pengelola perpustakaan, dll.

Sudah saatnya para pustakawan (pengelola Perpustakaan), mulai dari pustakawan yang sudah PNS, pengelola perpustakaan sekolah, dimanapun berada unntuk berani menyuarakan ide, opini, kritik dan saran yang membangun untuk memajukan di bidang perpustakaan di Indonesia.

Jika satu tulisan saja, mungkin tidak akan ada effectnya, tapi anda bisa membayangkan jika semua pustakawan dan pegiat literasi yang jumlahnya puluhan ribu di seluruh Indonesia berani menyuarakan aspirasinya melalui tulisan, tentunya itu akan jadi luar biasa.

Pegiat Literasi (Pengelola TBM, dll)

Untuk para pegiat literasi, pengelola TBM, di berbagai daerah, kalian juga bisa kirim tulisan seputar perjuangan inspirasi kalian selama perjuangkan literasi di daerah tanpa pernah mikirin gaji, menghadapi berbagai masalah, dan lai-lain supaya bisa menginspirasi pembaca.

Mari kita tingkatkan terus kesadaran untuk mau berbagi ilmu melalui tulisan karena saat kita tiada, tulisan kita akan kekal dan memberi manfaat selama tulisan kita dibaca.

Cara Kirim Tulisan

Kami tidak akan mempersulit, untuk kirim tulisan, anda bisa kirim melalui WhatsApp Kami DISINI

Tulisan harus original karya sendiri, dan kalaupun tulisan bukan tulisan anda, mohon sertakan sumber tulisan dan pastikan tulisan yang anda kirim tersebut tidak melanggar hak cipta.

Mudah-mudahan jika respond kontributor nantinya semakin banyak, tentunya kami kedepanya (belum berani menjanjikan), akan memberikan reward untuk kontributor teraktif ataupun kontributor dengan tulisan terbanyak dibaca dan dishare.