Header Ads

Perpustakaan Beijing Jingshan School yang Memukau

315 Dibaca
Dunia Perpustakaan | Sudah lama kami tidak memberikan referensi terkait dengan perkembangan perpustakaan-perpustakaan di berbagai negara.

Betapa kami agak terkejut dalam perkembanganya saat ini, kami mendapatkan informasi dari banyak sumber, tentang betapa masif dan cepat perkembangan perpustakaan di banyak negara.

Kemajuan-kemajuan yang kami maksud tersebut diantaranya terkait dengan renovasi besar-besaran terkait dengan design dan fasilitas perpustakaan di banyak negara.

Kali ini kita akan mengupas salah satu renovasi perpustakaan sekolah di Beijing Jingshan School yanga ada di China.

Baru-baru ini Beijing Jingshan School  melakukan renovasi total terkait dengan fasilitas perpustakaan di sekolah mereka.

Fasilitas perpustakaan sangat nyaman dan lengkap | gambar: archdaily.com
Perlu kita ketahui, Beijing Jingshan School merupakan sekolah menengah dan dasar, yang terletak di jalan Dengshikou di Beijing, Cina.

Beijing Jingshan School didirikan pada tahun 1960, dan merupakan pusat koneksi untuk Rencana Pendidikan Baru Asia UNESCO.

Untuk menopang kenyamanan siswanya, Beijing Jingshan School merenovasi total perpustakaan sekolah mereka dengan sangat megah, nyaman, dan sudah pasti sangat instagramable sehingga perpustakaan ini benar-benar menjadi tempat paling favorit di sekolah tersbut.

Perpustakaan ini terletak di dalam bangunan utama sekolah, sehingga semua siswa sangat mudah untuk menjangkau perpustakaan ini.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita ulas setiap sisi dari bangunan di Perpustakaan Beijing Jingshan School sebagai berikut;

Bagian depan dari Perpustakaan Beijing Jingshan School | gambar: archdaily.com
Design dari depan, perpustakaan ini cukup simple tapi sangat modern, sehingga membawa kesan luas, nyaman, dan sangat menonjol dibandingkan dengan ruangan sekolah yang lain.

Ruang Informasi untuk pustakawan | gambar: archdaily.com
Saat masuk ke dalam, pengunjung akan disambut ruang informasi pustakawan. Melalui ruang informasi ini para siswa bisa menanyakan kepada pustakawan terkait dengan semua hal yang terkait dengan perpustakaan ini.

Rak buku tersusun dengan sangat rapi dan memudahkan siswa menemukan buku yang mereka cari | gambar: archdaily.com

Semua rak buku yang ada disini disusun dengan sangat rapi dan sangat menyesuaikan dengan bentuk ruangan sehingga sangat nyaman untuk para siswa yang hendak baca buku disini.

Siswa bisa memilih tempat baca sesuai dengan yang disuka | gambar: archdaily.com
Siswa bisa baca dengan santay dan nyaman | gambar: archdaily.com
Disediakan banyak busa yang bisa anda pakai duduk dimanapun yang anda suka | gambar: archdaily.com
Para siswa bisa memilih berbagai pilihan untuk membaca buku sesuai dengan yang mereka suka. Ada yang lesehan dengan disediakanya busa untuk duduk, ada juga siswa yang duduk diatas berdekatan dengan buku-buku yang ada di rak, yang pasti mau baca buku dimanapun, semua merasa nyaman.

Pencahayaan di setiap rak cukup terang. | gambar: archdaily.com

Pencahayaan di setiap rak buku cukup terang sehingga sangat memudahkan para siswa menemukan buku-buku yang mereka cari.

Ukuran rak juga disesuaikan dengan tinggi rata-rata siswa disana, sehingga dipastikan para siswa akan dengan mudah menjangkau buku yang terletak di setiap rak buku yang ada.
Kegiatan Belajar Mengajar bisa dilakukan di dalam perpustakaan | gambar: archdaily.com
Dengan fasilitas perpustakaan yang sangat lengkap dan nyaman ini, para guru dan siswa bisa juga melakukan kegiatan belajar mengajar di dalam perpustakaan.

Hal ini memudahkan guru dan siswa untuk betah di perpustakaan, atau sekedar membuang kejenuhan karena siswa dan guru terlalu jenuh jika harus melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas terus.

Singkatnya, perpustakaan di Beijing Jingshan School ini disipakan untuk para siswa agar mereka nyaman di perpustakaan, sehingga mereka tidak punya alasan untuk tidak datang ke perpustakaan.

Apa yang kita lihat dari fasilitas di Beijing Jingshan School ini menunjukan betapa negara China sangat serius untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) warga negaranya, sehingga sebagai bukti keseriusan mereka yaitu dengan cara menyediakan berbagai fasilitas perpustakaan terbaik di setiap sekolah di China.

Jadi tidak berlebihan, dengan keseriusan yang dilakukan oleh pemerintah China tersebut, hari ini dan yang akan datang, China memiliki impian untuk bisa menjadi negara terbaik di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia?

Semoga saja cepat atau lambat, negara kita juga sedang berjuang untuk menuju ke arah sana, Semoga!