Header Ads

Sambut Hari Aksara Internasional 2019, SMPN 1 Rajabasa Kukuhkan Duta Literasi Sekolah

315 Dibaca
Dunia Perpustakaan | Rajabasa - Lampung Selatan, Dalam rangka menjaga dan meningkatkan semangat literasi warga SMPN 1 RAJABASA, Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS) membentuk DUTA LITERASI yg berasal dari siswa dan siswi kelas VII, VIII dan IX sekaligus menyongsong Hari Aksara internasional yang  di peringati setiap tanggal 8 September. ( Senin 26/8/2019 SMPN 1 RAJABASA LAMSEL)

Duta Literasi dipilih minimal 2 orang  sehingga dipastikan di SMPN 1 RAJABASA ada duta literasi.  Hal ini bertujuan agar setiap duta literasi mampu mengontrol, mengawal,  mengawasi serta mengevaluasi jalannya program literasi sekolah yg rutin dilaksanaan dikelasnya masing-masing.  Contohnya yaitu program 15 menit membaca dan perpustakaan kelas.

Selain itu Duta literasi berperan untuk mengajak teman-temannya gemar membaca, menulis,  berpikir kritis,  berkomunikasi yang baik dan mampu mengevaluasi informasi-informasi dari luar. Sehingga tujuan akhir dari duta literasi ini adalah menyebarkan semangat literasi warga SMPN 1 RAJABASA pada khususnya melalui program-program literasi sekolah yang telah disepakati bersama dengan Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

Bukankah buku yang bagus itu adalah buku yang lusuh, bahkan robek. Dengan begitu menandakan buku tersebut selalu dipakai setiap hari oleh siswa dan guru. Bukan buku yang masih rapih, bagus, bahkan masih ada yang plastikan karena tersimpan selamanya di dalam kardus.

Selain pojok baca di dalam kelas, alternatif lainnya pojok baca di depan kelas Manfaatnya adalah bukan hanya siswa yang membaca buku, melainkan guru dan orang tua yang mengantarkan anaknya juga bisa membaca buku yang tersedia.

SMPN 1 RAJABASA Lampung Selatan yang mendekatkan buku kepada siswanya dengan membuatkan display di depan kelas, display tersebut terbuat dari paralon yang tengahnya dilubangi ”agar buku-buku lebih dekat kepada anak-anak, kami membuatkan display pajangan buku yang terbuat dari paralon yang dibelah tengahnya untuk diisi buku. Mereka harus sedini mungkin didekatkan dengan buku agar budaya baca berhasil. Selain siswa, guru-guru disini juga wajib membaca” ujar ASIH KURNIAWATI, S.Pd Tim Gerakan Literasi Sekolah SMPN 1 RAJABASA

ENDANG SURYANI, S.Pd, MM Kepala Sekolah SMPN 1 RAJABASA LAMSEL menyampaikan bahwa Duta Literasi bukanlah sebuah organisasi.  Duta literasi ini adalah tim khusus dibawah komando Tim Gerakan Literasi Sekolah (GLS)  untuk bersama-sama menjalankan program literasi sekolah dan menjadikan warga sekolah sebagai pembelajar sepanjang hayat,  cinta pengetahuan, dan rindu pada bacaan.

Duta Literasi angkatan pertama dilantik pada bulan 26 Agustus 2019 dengan Sebelumnya sudah dilakukan seleksi oleh duta literasi  untuk menyaring siapa yang memenuhi kreteria : peminjam buku paling banyak dengan bukti resume dan dengan tes pembuatan puisi serta tes aksara lampung . di harapkan Duta Literasi Sekolah  sanggup serta untuk meluangkan waktu,  tenaga serta pikirannya untuk menjalankan tugas sebagai duta literasi.

Tugas duta literasi yg lain adalah menjadi jembatan atau agen perpustakaan untuk mempromosikan layanan-layanan dan inovasi-inovasi baru dari perpustakaan SMPN 1 RAJABASA  Selain itu mereka juga sering turun tangan untuk membantu kegiatan teknis perpustakaan.  Hal ini juga bermaksud untuk membekali mereka tentang literasi .