Header Ads

Tulisan Terkini

Inilah Toko Buku Terindah di Dunia 2019

Dunia Perpustakaan | Toko Buku Terindah | Toko buku adalah salah satu destinasi favorit untuk teman-teman yang sangat suka membaca buku. Namun toko buku di zaman sekarang menjadi salah satu dari banyak industri yang mengalami penurunan karena perkembangan teknologi.

Banyak orang yang lebih memilih membaca di handphone daripada membaca lewat media konvensional seperti buku atau majalah. Tidak sedikit pula orang yang masih menyukai membaca buku, tapi mereka sudah mengurangi berkunjung ke toko buku.

Berbicara mengenai sebuah toko buku tentunya kita akan terbayang dengan jajaran buku yang tertata rapi diatas rak berjumlah ratusan, atau mungkin tumpukan buku yang masih terbungkus dengan plastik? Kalian pasti akan terkagum-kagum setelah melihat atau mengunjungi sebuah toko buku yang berada di kawasan Recoleta, Buenos Aires, Argentina ini.

Toko El Ateneo Grand Splendid di Argentina (Ronaldo Schemidt/AFP)
Apa yang kalian lihat dari gambar di atas? Ruangan istana? Bukan, ini adalah toko buku di Argentina. Ratusan ribu buku tertata cantik di dalam ruangan yang megah dan indah ini.

Dikutip dari laman  detikTravel,  toko buku ini bernama El Ateneo Grand Splendid. Toko ini dinobatkan National Geographic 2019 sebagai toko buku terindah di dunia.

Dulunya bangunan toko buku ini adalah gedung theater yang dibuka tahun 1919. Gedung ini digunakan untuk pertunjukan artistik seperti drama, balet, opera, dan pertunjukan tari. Dan momen-momen penting bersejarah dalam dunia musik dan seni pertunjukan Argentina juga terjadi di sini.

(Marcos Brindicci/Reuters)
Pada tahun 1929, teater ini pun berubah menjadi gedung bioskop. Semakin berjalannya waktu, gedung ini pun terancam untuk dibongkar karena permasalahan ekonomi di tahun 1999. Namun gedung ini diselamatkan oleh Grupo Ilhsa yang punya jaringan toko buku besar dan menyulapnya menjadi toko buku nan idah.

Renovasi besar-besaran pun dilakukan, tapi ada beberapa bagian yang tidak diubah dan dihilangkan. Bagian langit-langit, ornamen teater, balkon bundar yang elegan, hiasan, tirai panggung berwarna merah, tetap sama dan dibiarkan seperti pertama kali dibangun.

Toko ini memiliki koleksi 120.000 judul buku. Terdapat fasilitas kafe area panggung teater untuk kamu yang ingin membaca buku sambil minum kopi. Juga ada live musik piano yang akan menemani kamu mencari dan membaca buku.

(Ronaldo Schemidt/AFP)
Di dalamnya banyak terdapat bangku-bangku yang tersebar di dalam toko untuk kenyamanan pengujung. Jadi kamu tidak perlu takut kelelahan memilih buku. Pengunjung yang ingin mencari buku anak-anak, bisa turun ke lantai bawah. Sedangkan jika ingin melihat pameran, intip saja di lantai atas.

Setiap harinya ada 3.000 pengunjung yang singgah ke toko buku ini. Selain membaca dan mencari buku, pengunjung juga banyak foto-foto dengan latar jajaran buku yang instagramble.

(Marcos Brindicci/Reuters)
Buat kalian yang sedang liburan di Argentina dan ingin cari waktu luang, langsung saja ke El Ateneo Grand Splendid. Toko buku ini buka setiap hari mulai pukul 9 pagi.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173