Header Ads

Demi Majukan Daerahnya, Pengusaha Ternama ini Rintis Mobil Perpustakaan Keliling

Dunia Perpustakaan | Inspirasi Literasi | Jika kita mendengar ada orang kaya yang hanya memamerkan kekayaanya untuk perkaya diri sendiri, mungkin akan dianggap sebuah kesombongan yang tak bernilai. Namun jika ada yang memang dikenal kaya, lalu mendonasikan sebagian harta kekayaanya untuk membantu sesama, itulah baru disebut sebagai orang kaya yang sesungguhnya dan layak kita puji atas kebaikanya.

Hal ini juga yang dilakukan beberapa tokoh orang-orang kaya di penjuru dunia, mulai dari Bill Gates, Warren Buffet, Amancio Ortega, dan masih banyak lagi lainya.

Namun di Indonesia juga sekarang sudah mulai banyak bermunculan orang-orang kaya yang peduli dengan sesama dengan mendonasikan sebagian kekayaan mereka untuk membantu sesama.

Salah satu diantaranya yaitu seorang pengusaha ternama bernama Rachmad Gobel.

Rahmad Gobel ingin anak-anak muda mampu memajukan Gorontalo dengan dimulai dari budaya membaca |Foto: Istimewa
Seorang pengusaha yang sekaligus dikenal sebagai tokoh masyarakat asli Gorontalo yang dikenal memiliki kepedulian besar pada generasi muda Gorontalo.

Hal terbaru yang baru-baru ini dia lakukan yaitu terkait dengan keinginanya supaya anak muda di Gorontalo bisa gemar membaca sejak dini sebagai bekal untuk mempersiapkan pembangunan Gorontalo ke depan.

Dikutip dari hargo.co.id (7/1/2019), Salah satu cara yang dilakukanya untuk mendorong minat baca anak muda yaitu dengan menyediakan mobil perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling yang ia rintis tersebut akan berkeliling ke desa-desa di Gorontalo untuk memberikan bahan bacaan untuk anak-anak di wilayah Gorontalo dan sekitarnya.

Penanggungjawab perpustakaan keliling Rustam Akili mengatakan bila mobil perpustakaan tersebut merupakan bukti kepedulian Rachmad pada anak muda. Rustam pun menyebut, Rachmad ingin menyiapkan generasi muda Gorontalo, sebagai pemegang tongkat estafet, untuk membangun Gorontalo di masa depan.
“Mobil perpustakaan keliling ini merupakan salah satu bukti kepedulian Pak Rachmad pada anak muda Gorontalo. Pak Rachmad melihat bila semakin hari, minat baca anak semakin menurun. Karenanya, Pak Rachmad ingin meningkatkan kembali minat baca anak-anak,” kata Rustam, Senin (7/1/2019).
Rustam menuturkan, Rachmad juga melihat bahwa dengan keadaan geografis Gorontalo yang banyak pegunungan serta infrastruktur jalan yang belum merata, menambah sulit anak-anak Gorontalo untuk mendapatkan bahan bacaan. Padahal, lanjutnya, anak muda harus mendapatkan banyak referensi pengetahuan.
“Apalagi Gorontalo ini kan banyak pegunungan, jalan juga belum semua di aspal, ini membuat anak-anak di desa-desa susah mendapatkan bacaan. Nah, Pak Rachmad hadir untuk membantu mereka guna mendapatkan bahan bacaan,” tutur Rustam. 
“Bagi Pak Rachmad, anak-anak muda harus dipersiapkan untuk ke depan guna membangun Gorontalo dan Indonesia,” lanjutnya.
Sementara Rachmad juga pernah menyatakan bila dirinya memiliki harapan besar pada anak muda Gorontalo. Rachmad mengatakan mereka harus banyak diberikan informasi dan pengetahuan tentang kemajuan teknologi.
“Perpustakaan keliling diadakan agar anak-anak Gorontalo bisa belajar dan tahu tentang dunia serta tahu apa saya teknologi terbaru yang ada di dunia,” kata Rachmad Gobel.
Bagi Rachmad, anak-anak Gorontalo harus disiapkan untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi di dunia. Agar, sambung Rachmad, Gorontalo tidak tertinggal dalam hal pengetahuan dan teknologi.

“Kita harus siapkan anak-anak kita dalam mengantisipasi perubahan dunia. Agar Gorontalo ini tidak tertinggal di pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

Rachmad juga mengatakan bila dirinya akan terus memperbaharui buku-buku yang ada di perpustakaan keliling. Dirinya menyebut paling tidak dalam 2 kali dalam setahun akan ada buku-buku baru yang bisa dibaca oleh mereka.

“Dalam 2 kali dalam setahun akan ada buku-buku baru yang bisa dibaca oleh anak-anak,” ucap mantan Menteri Perdagangan tersebut.

“Ini agar mereka bisa terus mendapat pengetahuan dan referensi baru,” sambungnya.

Dirinya berharap bila semua anak di Gorontalo bisa kebagian membaca di perpustakaan keliling. Karenanya, Rachmad ingin mobil tersebut bisa menjangkau hingga desa-desa di Gorontalo.

“Ini akan keliling ke seluruh desa-desa di Gorontalo,” pungkasnya.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173