Header Ads

Tulisan Terkini

Arkeolog Temukan Perpustakaan Romawi Kuno di Tengah Kota Jerman

Dunia Perpustakaan | Sejarah Perpustakaan | Perpustakaan Kuno | Cologne, Jerman - Penemuan-penemuan terkait keberadaan perpustakaan kuno di banyak negara sering terjadi. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa peradaban dan keberadaan perpustakaan di suatu zaman merupakan bagian terpenting dalam suatu peradaban.

Baru-baru ini ditemukan sebuah perpustakaan kuno di Cologne Jerman, Dikutip dari kompas.com [8/8/2018] ditemukan sebuah perpustakaan kuno, tepatnya di bawah tanah di kota Cologne, Jerman.

Setelah dipelajari, ternyata perpustakaan kuno tersebut diduga sebuah perpustakaan Romawi kuno yang saat itu pernah menyimpan koleksi naskah hingga 20.000.

Dalam galian tersebut, para arkeolog menemukan struktur epik secara tidak sengaja sejak 2017. Saat itu mereka sedang melakukan penggalian tanah di gereja Protestan yang bertujuan untuk membangun pusat komunitas baru.

Temuan ini memang tidak terlalu mengejutkan, mengingat Cologne merupakan salah satu kota tertua di Jerman yang didirikan pada tahun 50. Sehingga tidak mengherankan juga jika ia masih menyimpan struktur yang berasal dari zaman Romawi.

Namun menariknya, saat pertama kali ditemukan para arkeolog tidak menyadari struktur itu merupakan perpustakaan. Hingga akhirnya mereka menemukan lubang misterius di dinding yang masing-masing berukuran sekitar 80 x 50 sentimeter.

"Lubang di dinding itu kemungkinan lemari yang digunakan untuk gulungan atau naskah," kata Dirk Schmitz, arkeolog dari Roman-Germanic Museum di Cologne. "Dinding seperti itu khusus digunakan di perpustakan. Anda juga bisa menemukan yang serupa di perpustakaan di Efesus, Turki," ujarnya lagi.

Schmitz menduga jika perpustakaan itu berisi setidaknya 20.000 gulungan. Meskipun perpustakaan yang baru saja ditemukan ini ukurannya lebih kecil dibandingkan perpustakaan Celsus di Efesus yang dibangun pada tahun 117, namun ini merupakan temuan yang luar biasa.

"Ini merupakan perpustakaan paling awal di Jerman dan sekaligus di provinsi Romawi bagian barat laut. Mungkin juga masih ada banyak kota-kota Romawi yang juga memiliki perpustakaan, tetapi belum diekskavasi," jelas Schmitz.

Lanjutnya, Romawi kuno juga sangat mahir memilih tempat yang pas untuk sebuah perpustakaan. Perpustakaan terletak di jantung Cologne, di pusat perbelanjaan, tempat umum yang ada di pusat kota. Perpustakaan juga dibangun dengan material yang sangat kuat," tambahnya.

Perpustakaan kemungkinan berlantai 2 dengan luas 20 x 9 meter. Selain itu, juga ada tambahan sebuah ruang kecil di mana patung Minerva, dewi Athena Yunani ditempatkan. Setelah penemuan ini, reruntuhan perpustakaan rencananya akan diintegrasikan dengan pusat komunitas gereja baru, yang di kemudian hari bisa memudahkan akses pengunjung dan arkeolog ke situs peninggalan Romawi ini.

Arkeolog Temukan Perpustakaan Romawi Kuno di Tengah Kota Jerman

Dengan temuan ini menunjukan bahwa kemajuan-kemajuan dari peradaban sangat ditentukan adanya perpustakaan dan budaya baca di setiap zamanya.

Kalau di zaman yang katanya serba modern ini Perpustakaan dan budaya baca justru ditinggalkan, sungguh celaka generasi sekarang!

Gejala-gejala sudah mulai terlihat sekarang, dimana mereka yang meninggalkan budaya baca sangat mudah diadu-domba, mudah menerima dan sebarkan hoax, dan mudah melakukan berbagai "kebohonan-kebodohan" lainya.

-----------------------------------------------------------
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perpustakaan Zaman Romawi Kuno Ditemukan di Pusat Kota Jerman", https://sains.kompas.com/read/2018/08/08/193800423/perpustakaan-zaman-romawi-kuno-ditemukan-di-pusat-kota-jerman. 
Penulis : Kontributor Sains, Monika Novena
Editor : Shierine Wangsa Wibawa
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173