Ikatan Pustakawan Indonesia Dukung Wujudkan Way Kanan Membaca

Ikatan Pustakawan Indonesia Dukung Wujudkan Way Kanan Membaca.

Dunia Perpustakaan | Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Lampung mendukung untuk mewujudkan Way Kanan membaca. Sebab membaca merupakan aspek terpenting dalam dunia pendidikan, sehingga penanaman budaya baca harus terus ditingkatkan guna menuju masyarakat informasi (information society).

“Membaca adalah aspek penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu disosialisasikan dan dikampanyekan di masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa. Untuk itu, IPI sangat mendukung program bapak Bupati guna mewujudkan Way Kanan membaca,” kata Ketua Pengurus Daerah (PD) IPI Provinsi Lampung, Eni Amaliah, dalam seminar Pendidikan The Power of Reading di kampus STAI Ma’arif, Baradatu, Way Kanan, Senin (26/9/2016).

Seminar yang diikuti 100 peserta dari berbagai perguruan tinggi di kabupaten tersebut merupakan roadshow program IPI peduli di 15 kabupaten/kota di Lampung. Selanjutnya, Eni menjelaskan dengan membangun budaya baca di lingkungan perguruan akan terwujud masyarakat Indonesia yang berwawasan dan tanggap akan perubahan serta berpengetahuan guna meningkatkan intelektualitas mahasiswa.

Hal senada disampaikan Bupati Kabupaten Way Kanan Raden Adipati Surya, dalam sambutannya yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan Musadi Muharam. Menurut dia, membaca merupakan tradisi akademis yang harus dilestarikan mahasiswa.

Oleh karena itu, budaya membaca sebagai karakter yang dimiliki bangsa Indonesia perlu ditumbuhkankembangkan untuk mewujudkan masyarakat Way Kanan yang lebih maju dan berdaya saing di 2021.

Sementara Ketua IPI Kabupaten Way Kanan, Eko Prasetyo, mengatakan kegiatan program IPI peduli ini adalah kesekiankalinya dilakukan di Kabupaten Way Kanan dengan bekerja sama dengan PD IPI Provinsi Lampung.

Dikutip dari Lampost.co, [28/09/16]. “Kami targetkan program ini menyebar hingga di 14 kecamatan, sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan mendapatkan informasi secara merata dan bersama-sama mendukung program bupati untuk mewujudkan Way Kanan membaca,” ujar dia.

Seminar pendidikan yang mengusung tema Maksimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi untuk membangun karakter bangsa melalui kebiasaan gemar membaca ini menghadirkan narasumber Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan Nikman Karim dan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Way Kanan Musadi Muharram.

profil penulis: Dunia Perpustakaan

duniaperpustakaan.com merupakan portal seputar bidang dunia perpustakaan yang merupakan bagian dari CV Dunia Perpustakaan GROUP. Membahas informasi seputar dunia perpustakaan, mulai dari berita seputar perpustakaan, lowongan kerja untuk pustakawan, artikel, makalah, jurnal, yang terkait bidang perpustakaan, literasi, arsip, dan sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *