Header Ads

___________________________________________
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173
Via Email: duniaperpustakaan.com@gmail.com

Tulisan Terkini

Pemkab Kotawaringin Barat, Gelar Safari Gemar Membaca

Pemkab Kotawaringin Barat, Gelar Safari Gemar Membaca.


Dunia Perpustakaan | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), menggelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di provinsi dan kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), di Halaman Kantor perpustakaan arsip daerah (KPAD) Kobar, Rabu (10/8) pagi.

Kepala Perpustakaan Nasional RI diwakili Sri Sumekar mengungkapakan, Negara Indonesia masuk dalam peringkat 108 dari 187 negara di dunia. Peringkat itu lebih rendah dari 5 negara ASEAN lain seperti Singapura peringkat 26, Brunei peringkat 33, Malaysia peringkat 61, Thailand peringkat 103 dan Filipina peringkat 112.

Salah satu faktor penyebab rendahnya indeks pembangunan manusia di Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan masyarakat. Peningkatan kualitas masyarakat dalam mengembangkan diri dalam menambah pengetahuan secara mandiri mengalami banyak kendala diantaranya, dan belum meratanya penyebaran bahan perpustakaan untuk masyarakat.

Dikutip dari tabengan.com, [11/08/16]. Padahal membaca dalam perkembangannya mampu meningkatkan pengetahuan umum dan kecerdasan masyarakat, sebagai media penerangan terhadap perkembangan masyarakat, menumbuhkan sikap kritis dan mampu mengadakan koreksi tentang hal-hal yang merugikan masyarakat, dan sebagai media penyampaian gagasan-gagasan baru yang berguna untuk meningkatkan perkembangan masyarakat.

Terkait pembudayaan kegemaran membaca, sebagaimana termuat dalam bab XII, yang mana dalam Pasal 48 ayat (1) tentang pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

“Kebijakan perpustakaan nasional dalam pembudayaan gemar membaca, upaya peningkatan minat baca yang berfokus pada program sosialisasi minat baca, membangun komunitas membaca di masyarakat dan partisipasi industri penerbitan dalam menciptakan komunitas baca bekerjasama drngan lembaga pemerintah sekilah dan perguruan tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kobar, Bambang Purwanto dalam sambutannya menyampaikan, perpustakaan nasional sebagai pembina di Indonesia agar terus selalu meningkatkan tidak hanya pembinaan, tetapi juga berikan bantuan atau hibah dalam bentuk apapun, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) perpustakaan.

Kemudian kepada Asdi Narang, selaku anggota komisi yang menjadi mitra kerja perpustakaan nasional, Bupati minta agar selalu mendukung baik dukungan dana untuk program dan kegiatan di bidang perpustakaan.

“Dan kepada semua pihak terkait, baik pemerintah, swasta maupun pemerhati perpustakaan agar terus meningkatkan dukungan dan perhatian kepada perpustakaan daerah,” harap pria yang akrab disapa Pa De ini.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173