Kenapa Rak Buku yang Modern dan Elegant untuk Perpustakaan itu Penting?


Dunia Perpustakaan | Salah satu kebutuhan perpustakaan yang sangat mendasar di perpustakaan, selain buku, tentunya Rak Buku.

Dahulu, bentuk rak buku mungkin tidaklah terlalu dipermasalahkan, atau mungkin tidak dianggap penting. Hal tersebut mungkin karena orang-orang saat itu memang sadar bahwa bentuk dan design rak buku tidaklah penting, yang penting ada rak buku yang bisa menyimpan dan menata buku di perpustakaan.

Selain itu orang-orang terdahulu juga mungkin tidak terlalu mempermasalahkan bentuk rak buku di perpustakaan, karena saat itu mereka juga hanya fokus mementingkan bukunya.

Namun di zaman sekarang, karakter user atau pengunjung perpustakaan sangatlah beragam. Ada banyak hal yang selalu jadi kritik dan saran, termasuk model dan design dari rak buku juga kadang dikritik dan dimasalahkan.

Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah sepenuhnya salah. Karena saat ini, design rak buku di perpustakaan juga memiliki nilai dan kesan tersendiri bagi pengunjung perpustakaan.

Jika design dan bentuk rak bukunya bagus dan menarik, maka itu bisa juga memiliki peran penilaian yang baik tentang perpustakaan tersebut.

Apalagi jika sebuah perpustakaan memiliki design dan bentuk buku yang unik dan menarik, maka para pengunjung akan betah dan bangga berkunjung ke perpustakaan tersebut.

Bahkan di era social media seperti sekarang, jika ada perpustakaan yang memiliki rak buku yang unik, bisa-bisa pengunjung akan memotret rak buku tersebut atau narsis di depan rak buku tersebut, yang kemudian mengupload dan share fotonya ke sosial media.

Jika sampai terjadi demikian, bukankah itu artinya pengunjung juga akan berperan dan ikut senang hati atau tanpa sadar mempromosikan perpustakaan anda?

Saat ini pengunjung perpustakaan hampir rata-rata memiliki akun sosmed, bayangkan jika kesan pengunjung tentang perpustakaan anda buruk. Misalnya rak bukunya jelek, kotor, bahkan mungkin sampai kena rayap, kemudian si pengunjung memotret kondisi rak buku di perpustakaan anda, bisa anda bayangkan betapa buruknya citra perpustakaan anda?

Saat ini memang para pustakawan dan para pemangku kebijakan [khususnya terkait anggaran perpustakaan] memang harus peduli dan bersatu padu untuk membangun perpustakaan yang sebaik dan senyaman mungkin.

Terkendala Dana
Untuk bisa memiliki perpustakaan yang bagus dengan koleksi buku yang bagus, rak buku yang bagus, tentunya sudah pasti ada konsekuensi terkait dengan dana.

Memang kalau bicara soal dana untuk perpustakaan, masih banyak sekali kekurangan dan masalah, khususnya terkait dengan minimnya anggaran untuk perpustakaan.

Jangankan kita bicara dana untuk perpustakaan, di Indonesia ini masih banyak sekolah yang tak memiliki gedung sekolah yang layak. 

Saat sekolah sudah memiliki gedung yang bagus dan layak, sebagian besar masih banyak sekolah yang belum memiliki perpustakaan.

Saat sebagian lain sekolah sudah memiliki perpustakaan, kondisi perpustakaanya masih banyak yang belum layak.

Dan jika kita bicara sekolah yang memiliki perpustakaan yang layak dan bagus, jumlahnya masih sangat terbatas, masalahnya kembali pada urusan DANA.

Namun sebenarnya, masalah utama bukan hanya dana, dimana sudah ada beberapa sekolah yang dulunya perpustakaanya masih buruk dan belum layak, namun karena pengelola perpustakaan peduli dan didukung Kepala Sekolah yang baik, akhirnya secara perlahan perpustakaan sekolah tersebut menjadi baik.

Bahkan karena tekad yang kuat agar perpustakaan semakin baik, karena pihak sekolah dana untuk perpustakaan minim, mereka menabung uang denda bertahun-tahun hingga akhirnya mampu membeli rak dan buku yang bagus.

Dari cerita singkat diatas bisa disimpulkan bahwa, kalau urusan dana untuk perpustakaan, sudah bisa dipastikan masih banyak kekurangan. 

Jangankan kok untuk tingkat pengelola perpustakaan sekolah yang memang gaji masih minim, setingkat anggota DPR dan pejabat tinggi saja, yang kita anggap gaji dan fasilitas mereka sudah begitu besar, masih saja tetap menganggap jika GAJI DAN TUNJANGAN BESAR MEREKA MASIH KECIL versi mereka, apalagi kok untuk perpustakaan, yang memang masih sangat kecil.

Jadi wajar saja mengeluh.

Namun daripada mengeluh, yang itu tidak akan menyelesaikan masalah, lebih baik belajar dari cerita yang diatas tadi, bagaimana kita bisa melakukan sesuatu hal, walau sepele dan butuh waktu lama, tapi BERBUAT untuk kebaikan perpustakaan, yakinlah walau kecil tapi kedepan pasti akan berdampak baik.

Namun idealnya memang tak hanya pengelola perpustakaan saja yang diandalkan, karena peran kepala sekolah dan pihak terkait lainya juga sangatlah penting.

Jika semua pihak sudah peduli, maka untuk menciptakan perpustakaan yang baik dan modern bukanlah sesuatu yang sulit.

Namun terkadang beberapa perpustakaan masih bingung terkait model dan design rak buku seperti apa yang bisa menarik pengunjung perpustakaan?

Berikut ini kami memberikan beberapa referensi terkait design dan bentuk rak buku yang bisa jadi inspirasi anda.



Kabar baiknya, saat ini Dunia Perpustakaan STORE juga menyediakan berbagai bentuk rak buku yang bisa anda beli secara langsung ke kami. Bahkan anda juga bisa pesan berbagai bentuk design rak buku sesuai yang anda inginkan.

Silahkan kunjungi website kami di Dunia Perpustakaan STORE untuk mendapatkan berbagai jenis rak buku perpustakaan modern yang elegant, mewah, dengan harga terjangkau.