Header Ads

___________________________________________
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173
Via Email: duniaperpustakaan.com@gmail.com

Tulisan Terkini

Profil Lengkap Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Profil Lengkap Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta [UNS].


Dunia Perpustakaan | Salah satu perpustakaan perguruan tinggi ternama di Jawa Tengah yaitu UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta [UNS].

Saat ini UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret sudah menempati gedung baru yang belum lama direnovasi secara besar-besaran. Namun sebelum bisa berdiri seperti sekarang, UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret memiliki sejarah yang panjang.

UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret ini juga sudah sering menjadi tujuan untuk dikunjungi berbagai perpustakaan perguruan tinggi lain, termasuk juga mendapatkan kunjungan dari mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan di berbagai daerah di Indonesia.

Agar lebih mengenal lebih jauh, berikut ini merupakan profil lengkap UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sejarah


Sejarah UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret tidak terlepas dari sejarah lembaga induknya yaitu Universitas Sebelas Maret.

Universitas Sebelas Maret pada mulanya merupakan penggabungan dari sepuluh Perguruan Tinggi swasta di Surakarta dan IKIP Negeri Surakarta.  Universitas-universitas swasta tersebut semula bergabung dalam satu wadah, yaitu Universitas Gabungan Surakarta (UGS).

Beberapa di antaranya turut menggabungkan perpustakaannya menjadi perpustakaan UGS yang berpusat di Pagelaran Kraton Surakarta, sedangkan perpustakaan IKIP Negeri tetap menempati gedung di Purwosari, perpustakaan PTPN di Tirtomoyo dan perpustakaan STO di Manahan.

Sejak di resmikannya pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 10 tahun 1978, hapuslah semua perguruan tinggi tersebut dan melebur menjadi satu, yaitu menjadi Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta yang berpusat di Pagelaran, tetapi perpustakaannya masih terpencar.

Mengingat perkembangan jumlah mahasiswa yang sangat cepat dan terbatasnya serta tersebarnya fasilitas yang diperlukan untuk kelancaran proses belajar dan mengajar, dirasa sangat mendesak terwujudnya kesatuan dan persatuan potensi Universitas Sebelas Maret.

Oleh karenanya, pada tahun 1981 semua perpustakaan diperintahkan untuk dipindahkan ke kampus Kentingan, hal ini sesuai dengan PP No. 5/1980. Berdasarkan SK Rektor Universitas Sebelas Maret tanggal 14 Agustus 1980, No. 134/PT.40/ C/1980 didirikanlah UPT (Unit Pelaksana Teknis).

Selanjutnya, merujuk Permendikbud No. 82 tahun 2014 tentang SOTK UNS, UPT Perpustakaan menjadi salah salah satu Unit Pelaksana Teknis yang bertugas memberikan layanan kepustakaan.

Tugas


Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 82/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret, tugas UPT Perpustakaan adalah memberikan layanan kepustakaan.

Fungsi


Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, UPT Perpustakaan mempunyai fungsi;

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT,

  2. penyusunan rencana, kebutuhan, dan penyediaan pustaka,

  3. pengolahan bahan pustaka,

  4. pemberian layanan dan pendayagunaan bahan pustaka,

  5. pemeliharaan bahan pustaka, dan (pelaksana urusan tata usaha UPT.)


Visi


Menjadi pusat sumber belajar, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan layanan informasi yang prima dan unggul di tingkat dunia pada tahun 2030.

Misi



  1. Menjadi mitra seluruh civitas akademika dan pemustaka sebagai pusat sumber belajar mandiri berbasis pustaka.

  2. Menjadi mitra seluruh civitas akademika dan pemustaka sebagai pusat penelitian mandiri dan kolegial berbasis pustaka.

  3. Menjadi mitra layanan prima bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka secara mandiri dan kolegial yang mendukung implementasi tri dharma perguruan tinggi.

  4. Menjadi pusat media publikasi dan pusat koleksi berbagai keunggulan ilmiah bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka di tingkat nasional, asia tenggara, dan dunia.


Tujuan



  1. Mewujudkan kemitraan dan integrasi pustaka sebagai pusat sumber belajar mandiri berbasis pustaka bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka.

  2. Mewujudkan kemitraan sebagai pusat penelitian mandiri dan kolegial berbasis pustaka bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka.

  3. Mewujudkan kemitraan dengan semua kelembagaan dan civitas akademika dengan layanan prima bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka secara mandiri dan kolegial.

  4. Mewujudkan kemitraan sebagai pusat media publikasi dan koleksi berbagai keunggulan ilmiah bagi seluruh civitas akademika dan pemustaka, di tingkat nasional pada tahun 2020, di tingkat Asia Tenggara pada tahun 2025, dan di tingkat dunia pada tahun 2030.


Fasilitas


Untuk menunjang pelayanan kepada pengguna layanan perpustakaan, kami dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti;

  • Ruang baca,

  • Taman baca,

  • Komputer (OPAC untuk Penelusuran Informasi bahan pustaka),

  • Kantin,

  • Foto Kopi,

  • Internet,

  • Locker (tempat tas),

  • Individual study room (ruang belajar mandiri),

  • Ruang Koleksi,

  • Mushola,

  • Ruang seminar.


Bagan Struktur Organisasi




Terkait data team pustakawan UPT Perpustakaan UNS Surakarta bisa dilihat secara lengkap disini.

VIDEO



Untuk informasi lengkap terkait dengan UPT Perpustakaan UNS, silahkan bisa mengunjungi website resminya di library.uns.ac.id

Alamat


Jalan Ir. Sutami no. 36A, Kentingan, Surakarta, Central Java, Indonesia

Kode Pos: 57126

Tel. +62 271 654311 (direct) Tel. +62 271 646994 ext 329

e-mail:

  • library@mail.uns.ac.id

  • pustaka@uns.ac.id


Social Media
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173