Header Ads

___________________________________________
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173
Via Email: duniaperpustakaan.com@gmail.com

Tulisan Terkini

Pusarda Kerjasama Dengan Komunitas Baca, untuk Meningkatkan Minat Baca

Pusarda Kerjasama Dengan Komunitas Baca, untuk Meningkatkan Minat Baca.


Dunia Perpustakaan | Minat baca warga Bandung masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil survey PBB minat baca di Kota Bandung tercatat hanya 0,001 persen dari jumlah penduduk.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Pusarda) Kota Bandung, Adin Muchtarudin saat acara Bandung Menjawab di Ruang Media, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kamis, (12/5).

"Dari hasil survey PBB, minat baca di Kota Bandung hanya 0,001 persen dari jumlah penduduk Kota Bandung," ujar Adin.

Dia menuturkan untuk meningkatkan minat baca warga Bandung, pihaknya bekerjasama dengan berbagai stakeholder. Salah satu kerjasama yang dilakukan yakni dengan komunitas baca yang ada di Kota Bandung.

"Kita memberikan pinjaman buku kepada perpustakaan-perpustakaan yang ada di taman. Sehingga dapat dipinjam pakai oleh masyarakat," katanya.

Menurut Adin Pusarda Kota Bandung sendiri memiliki koleksi buku sebanyak 74.366 ribu eksemplar dengan ‎29.406 judul. Adin menyebut pada tahun tahun ini, Pusarda Kota Bandung mendapat tambahan sebanyak 25 ribu eksemplar buku.

Adin mengungkapkan, masyarakat yang mengunjungi Pusarda juga meningkat setiap tahun. Pada tahun 2012 ada sekitar 4.644 orang yang mengunjungi Pusarda Kota Bandung. Jumlah ini meningkat signifikan pada 2015 yakni sebanyak 22.383 orang.

Dikutip dari merdeka.com  [12/05/16]. "Jumlahnya meningkat setiap tahun dengan mayoritas pengunjung adalah siswa TK sampai SMP," kata dia.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Adin mengaku pihaknya terus berbenah. Salah satunya dengan meningkatkan fasilitas.

"Kita terus meningkatkan fasilitas dengan membangun pojok PAUDN yang di desain khusus anak-anak PAUD. Selain itu juga kita sediakan wi fi gratis untuk siswa," ujar Adin.

 
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173