Header Ads

___________________________________________
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173
Via Email: duniaperpustakaan.com@gmail.com

Tulisan Terkini

Pendidikan Harus Menyenangkan, Tak Membuat Orang Takut

Pendidikan Harus Menyenangkan, Tak Membuat Orang Takut.


Dunia Perpustakaan | Ujung tombak pendidikan yang berkualitas terletak pada guru yang berkualitas. Hal tersebut diungkapkan oleh Penulis buku "9 Summers 10 Autums" Iwan Setyawan.

"Pendidikan harus menyenangkan tidak membuat orang takut dan merasa 'disiksa' maka kunci utamanya adalah guru," kata Iwan dalam diskusi pagi dengan tema Tema Pendidikan yang Membebaskan di Gedung Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (3/5/2016).

Menurut dia, kurikulum apa pun yang diterapkan pemerintah, tetap kualitas guru sebagai pengajar menjadi lebih penting.

Oleh karena itu, seorang guru yang berkualitas dan bagus akan mempengaruhi penyampaian dan pencapaian pendidikan.

Dikutip dari sumber kompas.com, [03/05/16]. "Kurikulum sebagus apapun tidak akan jalan tanpa guru berkualitas," ujar dia.

Sebagai penulis, Iwan mengharapkan kualitas pendidikan di Indonesia jauh lebih maju dan menyenengkan. Pasalnya, Iwan memaknai bahwa pendidikan merupakan seni dalam menjalankan kehidupan.

"Pendidikan adalah seni untuk menjalani dan memahami hidup. Jadi kalau mau menjadi manusia beradab harus berpendidikan," ungkap dia.

Dia menegaskan, terlebih dalam era digital, sebenarnya generasi muda dapat mendidik dirinya sendiri melalui informasi yang mudah didapatkan. Namun, hal itu harus diiringi dengan kemampuan untuk menjadi generasi yang lebih disiplin.

"Ini tugas pemerintah, guru, orang tua, dan banyak pihak. Anak-anak juga membutuhkan rasa disiplin, passion, dan determinasi untuk mengejar cita-cita kedepannya," ucap Iwan.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173