Header Ads

___________________________________________
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173
Via Email: duniaperpustakaan.com@gmail.com

Tulisan Terkini

Budaya Membaca Sambil Berdiri, Diterapkan Sekda Bangka

Budaya Membaca Sambil Berdiri, Diterapkan Sekda Bangka.


Dunia Perpustakaan | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka Fery Insani mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bangka menerapkan budaya positif Bangsa Jepang ‘ Tachiyomi.

Hal tersebut diungkapkannya Sekda mewakili Bupati Bangka ketika membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan perpustakaan yang digelar Kantor Perpustakaan dan Kearsipan (KPK) Kabupaten Bangka, Rabu (11/05) di Gedung Wanita Sungailiat.

“ Tachiyomi ini merupakan istilah masyarakat Jepang, tachimasu yang berarti berdiri dan yomimasu yang berarti membaca, jika dua kata ini digabungkan menjadi Tachiyomi, maka dapat diartikan sebagai membaca sambil berdiri,” ungkap Fery.

Dijelaskannya, budaya baik masyarakat Jepang tersebut dilihatnya ketika bertandang ke Negeri Sakura beberapa tahun yang lalu sewaktu menempuh perjalanan dalam sebuah kereta api listrik yang bernama Shinkansen.

“ Orang di setiap stasiun yang saya lewati terlihat semuanya sibuk membaca, kemudian di toko-toko buku orang juga sibuk membaca, membacanya sambil mojok.

Kalau orang kita dimanapun nongkrong pasti ngerumpi, kalau orang disana (Jepang-red) dimanapun ia berada selalu membaca buku, budaya baik ini dapat dijadikan sebagai inspirasi sekaligus contoh yang dapat diterapkan oleh masyarakat kita,” ujarnya.

Sumber: tribunnews.com
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173