Header Ads

___________________________________________
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173
Via Email: duniaperpustakaan.com@gmail.com

Tulisan Terkini

Generasi Literasi SMA Ini Luncurkan Kumpulan Cerpen dan Puisi

Generasi Literasi SMA Ini Luncurkan Kumpulan Cerpen dan Puisi.


Dunia Perpustakaan | Sebagai sekolah literasi nasional yang ditunjuk Kemendikbud pada Maret 2016, SMA Khadijah terus menggalakkan gerakan literasi pada pembelajaran dan siswanya.

Kepala SMA Khadijah, Muchammad Mas'ud SPd, menuturkan, ada beberapa program yang diadakan sekolah, yaitu perpustakaan kelas, membaca awal pekan, lomba literasi, dan bedah buku.

"Untuk lomba literasi, kami mengajak semua siswa untuk membuat karya literasi massal agar siswa terus melanjutkan budaya baca dan tulis," katanya, dikutip dari tribunnews.com [18/04/16].

Dalam Books Expo, siswa-siswa generasi literasi SMA Khadijah Surabaya melaunching buku kumpulan cerpen dan puisi karya mereka pada lomba literasi lalu.

Lomba literasi yang diikuti seluruh siswa itu menghasilkan buku-buku kumpulan cerpen dan puisi terbaik karya siswa.

Azzahra Syafiera Putri, murid kelas X yang kumpulan karyanya dibukukan berjudul Gegana, mengatakan ia banyak terpacu dari tugas pelajaran Bahasa Indonesia.

"Guru kami, Pak Sodikin adalah seorang penyair jadi kami banyak diberi semangat dan pembelajaran literasi dengan praktik langsung," ceritanya.

Siswa yang akrab disapa Zahra itu banyak mendapat inspirasi dari pengalaman pribadi dan teman-temannya ketika membuat puisi.

"Ketika sedang ada inspirasi, bisa langsung menghasilkan banyak puisi. Tapi saat sedang tidak ada ide ya paling bagus bisa membuat satu karya," katanya.

Selain Zahra, Felisa Nur Khayana dan Roihatus Siha dari kelas XI juga turut berpartisipasi dalam launching kumpulan cerpen dan puisi.

Karya mereka masuk dalam buku berjudul Persinggahan, Menuju Toilet, dan Salah Siapa?

"Gerakan literasi berperan besar mengasah kemampuan kami untuk berkarya dalam bidang puisi dan cerpen. Ke depannya, ingin terus berkarya dan berpartisipasi," kata Felisa.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173