Header Ads

Tulisan Terkini

Motor Bhabinkamtibmas di Brebes Jadi Perpustakaan Keliling Raih Rekor MURI!

Dunia Perpustakaan | Terkadang kalau nonton di televisi maupun di medsos, kita sering mendengar perilaku buruk polisi, mulai dari menerima suap saat penilangan, pungli, dan yang lainya.

Namun anda perlu tahu juga bahwa saat ini POLRI semakin terus berbenah dan ingin memperbaiki citra buruk mereka menjadi citra yang baik dan positif.

Niat baik tersebut tentunya tidak boleh hanya dalam ucapan semata tapi wajib dilakukan POLRI dengan langkah-langkah nyata.

Salah satu langkah nyata tersebut dilakukan oleh banyak kepolisian di berbagai daerah, mulai dari membentuk satgas pungli, bahkan yang menarik hingga menciptakan banyak perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling yang sudah diciptakan oleh pihak kepolisian bahkan sudah meraih penghargaan dari MURI, khususnya Program perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas yang diciptakan oleh Polres Brebes.

Rekor tersebut tentunya cukup memberikan inspirasi untuk kepolisian di daerah lain, atau bahkan mungkin untuk instansi lain agar melakukan hal yang sama.

Dikutip dari halaman resmi website polri.go.id, Rekor tersebut tercatat dalam piagam Museum Rekor Indonesia-Dunia nomer 8220/R.MURI/XI/2017. Pemberian penghargaan MURI diberikan langsung oleh Manajer eksekutif MURI Indonesia Sri Widyawati, usai pelaksanaan Launching Perpustakaan Keliling Bhabinkamtibmas dan program Anak Asuh Polres Brebes oleh Kapolda Jateng Irjen Pol drs Condro Kirono dihalaman Mapolres Brebes, Rabu (15/11/2017).

Kapolres Brebes AKBP Sugiarto menyampaikan, program gemar membaca yang dilakukan Polres Brebes ini dilakukan Bhabinkamtibmas dengan menggunakan kendaraan roda dua milik operasional Bhabhinkabtimas yang tersebar di 17 Polsek se-Kabupaten Brebes. Perpustakaan motor ini menyasar sekolah-sekolah dan tempat berkumpulnya masyarakat umum.

“Dengan jumlah motor Bhabinkamtibmas terbanyak yakni 103 motor, maka MURI memberikan penghargaan ini kepada Kapolda Jateng dan Kapolres Brebes,” ujar Sri Widyawati.

Apa yang dilakukan oleh POLRES Brebes ini juga langsung mendapatkan respon positif dari Kapolda Jateng Irjen Pol Cindro Kirono, dimana  dalam keterangan pers dirinya sangat mengapresiasi program tersebut.

Menurutnya  Bhabinkamtibmas di desa desa akan sangat membantu program pemerintah daerah terkait program gemar membaca.

“Selain berpatroli dengan motor dinas agar wilayahnya aman kondusif, Bhabin ini juga mendukung pemerintah dalam program gemar membaca,” kata Condro.

Kabar baiknya lagi, ternyata Kapolda juga menegaskan, program tersebut akan diadopsi agar bisa diterapkan diseluruh jajaran Polres/Polresta jajaran Polda Jawa Tengah. Program tersebut juga akan disinergikan dengan program layanan publik lainya, seperti layanan STNK, SKCK dan SIM.

Didalam box yang ditempatkan dibagian belakang kendaraan dinas tersebut, berisi ratusan buku bacaan yang bisa dimanfaatkan warga maupun pelajar saat kegiatan itu berlangsung. Buku-buku bacaan tersebut, disebutkan Kapolres berasal dari sumbangan berbagai pihak, Pemkab Brebes, pengusaha, dan juga dari personel polisi.

Setidaknya sampai saat ini sudah ada 12.500 buku yang telah dibagikan kepada 103 personel Bhabinkamtibmas yang mengawaki perpustakaan keliling tersebut,” kata Sugiarto.

“Mudah-mudahan melalui Perpustakaan Keliling tersebut para Bhabin lebih termotivasi terjun ke desa binaan sekaligus mengajak kepada warga untuk gemar membaca,” pungkasnya.

Semoga saja kita akan mendengar kabar baik lainya, sehingga jika semua instansi ikut bergerak melakukan inovasi dalam pengembangan minat baca, maka yakinlah secara bertahap namun pasti, tingkat minat baca masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Semoga!
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173