Header Ads

Tulisan Terkini

Tingkatkan Minat Baca, Smanela Galakkan Budaya Literasi

Tingkatkan Minat Baca, Smanela Galakkan Budaya Literasi.


Dunia Perpustakaan | MAN 1 Lawang (Smanela) membuat gebrakan baru untuk mengajak siswa-siswinya gemar membaca. Yakni melalui pengembangan budaya literasi. Yaitu kegiatan membaca, memahami, mengungkapkan ide dan gagasan secara cerdas.

Kepala Smanela H. Supaat membeberkan, para siswa memang harus dibiasakan rajin menulis dan membaca sejak dini. Di sekolah ini misalnya, sebelum kelas dimulai dan waktu istirahat, para siswa diwajibkan membaca selama 15 menit.”Dengan begitu, secara perlahan anak-anak terbiasa dengan buku bacaan,” ucapnya.

Agar program tersebut berjalan maksimal, sekolah juga terus melakukan sosialisasi. Tak hanya kepada guru dan para siswa, tapi juga semua pegawai, perwakilan orang tua siswa, komite sekolah, bahkan para kepala sekolah di sekitar Smanela.

Dikutip dari radarmalang.co.id, [09/09/16]. ”Acara itu digelar 30 Agustus lalu. Hadir sekitar 300 peserta. Sebelum sosialisasi, diadakan pula lomba menulis cerpen,” tambah Supaat.

Cerpen-cerpen itu rencananya akan dibukukan setebal 300 halaman dengan ISBN (International Standart Book Number) penerbit Smanela. Itu karena sekolah di ujung timur Kabupaten Malang tersebut telah bekerja sama dengan perpustakaan nasional untuk memperoleh ISBN.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173