Header Ads

Tulisan Terkini

Bangkitkan Budaya Baca melalui Perpustakaan

Bangkitkan Budaya Baca melalui Perpustakaan.


Dunia Perpustakaan | Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan membangun perpustakaan kampung yang bersumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Kepala Kampung Talisayan, Yamsir mengatakan pihaknya membangun perpustakaan kampung dengan ukuran 12X6 meter dengan biaya sebesar Rp 208.120.000.

“Untuk bahan materialnya sebesar Rp 154.045.000. Sedangkan untuk membayar ongkos tukang secara swadaya masyarakat sebesar Rp 54.075.000,” kata Yamsir yang dikutip dari Berau Post, Kamis [09/16].

Dikatakannya, pembangunan perpustakaan kampung ini tidak hanya sekadar untuk para pelajar, melainkan untuk membangkitkan literasi dan wawasan masyarakat.

Perpustakaan ini dibangun untuk mendukung dan meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak sekolah.

“Bangunan ini terbuka untuk berbagai kalangan, karena dari tahun ke tahun, membaca dan menulis perlahan menghilang. Inilah yang membuat kami membangun perpustakaan kampung untuk membangkitkan kembali minat baca masyarakat,” jelas dia.

Lebih lanjut, Yamsir mengatakan, walaupun koleksi buku di perpustakaan Kampung Talisayan masih terbatas, tetapi perlahan akan dilengkapi melalui bantuan dari Perpustakaan Umum Berau di Tanjung Redeb.

Masyarakat yang terlambat mengembalikan buku sesuai jangka waktu peminjaman di perpustakaan, akan dikenakan denda sebesar Rp 5 ribu.

Yamsir berharap, dengan berdirinya perpustakaan kampung tersebut, benar-benar akan membangkitkan kembali minat baca masyarakat termasuk para pelajar.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173