Header Ads

Tulisan Terkini

5 Kota Pendidikan Terbaik di Indonesia

5 Kota Pendidikan Terbaik di Indonesia.


Dunia Perpustakaan | Saat ini, setiap kota di Indonesia tentu memiliki Universitas-universitas yang bisa digunakan untuk menuntut ilmu dengan kualitas yang baik. Namun, ada beberapa kota yang dianggap unggul dalam pendidikan karena memiliki banyak sekali instansi pendidikan dan juga menjadi salah satu kota tujuan bagi para pencari ilmu.

Dan berikut ini adalah lima kota yang kerap kali dijadikan tujuan untuk menimba ilmu. Seperti yang dikutip dari viva.co.id.


Salah satu kota terbaik adalah Malang. Kota Malang merupakan pusat kota pendidikan di daerah Jawa Timur. Kota ini juga banyak menjadi pilihan belajar bagi mahasiswa-mahasiswa dari luar pulau.

Selain memiliki banyak sekali kampus baik swasta maupun negeri, kota ini juga masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup yang tidak terlalu mahal.

#1. Malang


Kota Malang merupakan pusat kota pendidikan di daerah Jawa Timur. Kota ini juga banyak menjadi pilihan belajar bagi mahasiswa-mahasiswa luar pulau. Selain memiliki banyak sekali kampus baik swasta maupun negeri, kota ini juga termasuk kota dengan biaya hidup tak terlalu mahal.

Mahasiswa yang berjauhan dari rumah, masih bisa ngekos dan membeli makan sehari-hari dengan harga yang cukup terjangkau. Terlebih dengan suasana kota Malang yang sejuk dan hijau, suasana yang sangat cocok untuk belajar.

#2. Jakarta


Sebagai kota yang menjadi pusat perekonomian, tak heran jika Jakarta memiliki Universitas-universitas yang berkualitas yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang jempolan. Semakin padatnya situsasi di Jakarta, banyak pula kampus-kampus yang berdiri di kota metropolitan. Bahkan melebar hingga ke daerah jobodetabek.

#3. Bandung


Selain dikenal sebagai kota kembang, Bandung juga salah satu jagoannya di bidang pendidikan. Sebab, kota ini juga dijadikan salah satu incaran para calon mahasiswa yang mendambakan kampus terkenal seperti UNPAD dan ITB.

Tiap tahunnya, kampus-kampus besar di Bandung selalu diserbu oleh calon mahasiswa dari berbagai penjuru. Seleksi pun dilakukan dengan ketat, sebab kampus pun tidak bisa menerima semua calon mahasiswa.

#4. Solo


Menyebut nama kota Solo, mungkin yang terbayang adalah adat budaya Jawa yang kental. Tak salah, Solo memang salah satu kota yang memegang teguh jati diri Indonesia. Selain itu, Solo juga dikenal dengan masyarakatnya yang sopan santun. Ternyata tak hanya itu, Solo juga dikenal sebagai kota pendidikan yang baik. Salah satu kampus yang terkenal di Solo adalah Universitas Sebelas Maret.

#5. Yogyakarta


Menurut Anda, apa yang membuat Yogyakarta memiliki patut disebut kota pendidikan? Mungkin karena sejarah pendidikan pertama dirintis di kota ini. Namun, nyatanya bukan hal itu saja yang menjadi magnet bagi para pelajar, tentu saja karena banyaknya universitas besar dan berkualitas di kota ini. Sebut saja UGM, salah satu kampus yang menjadi banyak incaran para pencari ilmu.

Tak sedikit mahasiswa datang dari luar negeri untuk belajar di negeri kita loh. Selain menimba ilmu, banyak pula yang belajar budaya Indonesia. Hal itu menjadi bukti jika negeri kita banyak diminati bangsa asing.
---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173