Header Ads

Tulisan Terkini

Membangun Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital menurut para ahli bahasa memiliki makna yang beragam, tapi menurut saya perpustakaan digital itu sendiri pada intinya memiliki arti suatu perpustakaan yang dikelola dengan mengunakan media atau perangkat digital bernama Komputer. Dalam arti luas perpustakaan semakin berkembang dengan adanya teknologi informasi yang semakin canggih yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kemudahan-kemudahan untuk mengelola perpustakaan seperti pelayanan sirkulasi, penyediaan katalog, mesin pencarian koleksi (Search engine) jenis koleksi dan lain-lain, yang semuanya disajikan dalam suatu program system automasi perpustakaan seperti Program Senayan yang dimiliki oleh Departemen Pendidikan Nasional.


Untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam mengelola perpustakaan digital sendiri diperlukan beberapa sarana dan prasarana sebagai berikut :


Komputer


Komputer merupakan salah satu perangkat yang mutlak diperlukan dalam membangun dan mengelola sebuah perpustakaan digital. Tanpa computer, perpustakaan digital tidak akan pernah ada. Komputer saat ini sangat mudah dan murah untuk didapatkan sehingga sebenarnya sudah tidak ada alas an lain untuk memanfaatkan kompter ini untuk membangun dan mengelola perpustakaan digital. Dengan uang hanya sekitar Rp 750.000 kita bisa membeli computer yang sudah bisa mendukung untuk membangun dan mengelola sebuah perpustakaan digital. Bahakan bisa kurang dari itu jika kita membelinya sama teman yang lagi butuh duit, hehe ... :D


Program Automasi Perpustakaan


Setelah tersedianya computer masih diperlukan perangkat lain yaitu Program Automasi Perpustakaan. Program automasi perpustakaan yaitu suatu program yang secara khusus dibuat untuk membangun dan mengelola perpustakaan digital. Di dalam program ini sudah tersedia aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan perpustakaan digital seperti Katalog, Mesin pencari Koleksi (Search Engine) barcode, dan kebutuhan-kebutuhan lain yang dibutuhkan oleh pustakawan maupun user. Saat ini program semacam ini sudah banyak dan bisa diperoleh secara gratis seperti, Senayan, Athenaeum, Open Biblio, GDL, dll.


Sumber Daya Manusia



Ketika computer dan program system automasi perpustakaan sudah ada, akan tetapi jika tidak memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa mengelola kedua unsure tersebut maka semuanya tidak akan bisa berjalan dengan baik. Sehingga dalam membangun perpustakaan dibutuhkan unsure Sumber daya Manusia yang baik dan professional. Untuk bisa mendapatkan SDM yang baik tidak perlu harus sekolah tinggi namun semangat dan niat serta usaha yang kuat akan bisa mendapatkan SDM yang baik itu. Saat ini banyak referensi atau buku terkait yang bisa membantu dan mendampingi anda dengan murah bahkan gratis.
Setelah ke tiga unsure tersebut terpenuhi maka perpustakaan digital sudah bisa berjalan dengan baik. Dan jika dibutuhkan untuk perpustakaan yang lebig baik lagi maka cukup ditambahkan perangkat pendukung yang lain bernama internet. Dengan internet, perpustakaan digital bisa diakses secara onloine sehingga sangat memudahkan para pengunjung perpustakaan dalam memperoleh informasi yang mereka dapatkan secara mudah dan cepat. Namun perlu dicatat, dalam pengelolaan perpustakaan digital yang sudah memanfaatkan teknologi bernama internet, seorang pengelola perpustakaan digital tersebut harus memiliki kemampuan yang lebih untuk menghindari dan menjaga keamanan data informasi dari perpustakaan digital yang mereka tersebut dari serangan orang-orang jahat dalam dunia online (Hacker).

---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173