Header Ads

Tulisan Terkini

Fungsikan Perpustakaan Secara Maksimal

Perpustakaan sebagai fungsi utamanya adalah sebagai pusat atau sumber dari berbagai informasi, baik informasi dalam bentuk buku, digital, e-book atau yang lain. Pada perkembanganya perpustakaan mempunyai peranan yang sangat penting di setiap lini bidang.


Perpustakaan di beberapa perguruan tinggi biasanya paling sering dikunjungi dan dimanfaatkan sebagai sumber mendapatkan informasi. Walaupun mungkin masih sebatas pencarian referensi tugas makalah, skripsi, tesis, atau mereka yang sedang melakukan penelitian, Sedangkan perpustakaan di beberapa sekolah tingkat SLTP sampai dengan SLTA perpustakaan pemanfaataanya masih sebatas untuk mengerjakan tugas sekolah saja. Ini dikarenakan di perpustakaan sekolah koleksinya hanya masih berisi buku-buku dan koleksi yang berkaitan mata pelajaran atau kurikulum saja.


Namun saat ini di beberapa sekolah sudah mulai mengembangkan perpustakaan mereka bukan hanya berisi buku-buku atau koleksi yang berkaityan dengan kurikulum saja akan tetapi sudah menyediakan koleksi yang berkaitan dengan pengetahuan yang lebih umum dan aktual,


Dengan bervariasi dan banyak pilihan terkait koleksi di perpustakaan sekolah diharapkan siswa akan lebih maksimal dalam memanfaatkan koleksi perpustakaan dan tidak jenuh dengan koleksi yang "itu-itu saja" akan tetapi bisa memiliki pilihan lain sehingga wawasan dan pengetahuan siswa juga tidak monoton dan sempit.


Yang perlu ditekankan lagi dalam pemanfaatan perpustakaan secara maksimal adalah adanya peran sekolah dan dalam hal ini guru atau kepala sekolah serta pengelola perpustakaan membuat rpogram atau kebijakan yang bisa mengarahkan siswa untuk rajin berkunjung dan membaca koleksi-koleksi di perpustakaan sekolah tersebut.


Kebijakan yang saya maksud misalnya dengan memberikan bonus buku atau SPP gratis selama 1 bulan bagi siswa yang paling sering berkunjung dan membaca koleksi-koleksi perpustakaan. Itu hanya salah satu contoh yang sebenarnya masih banyak sekali cara yang lain yang disesuaikan dengan karakter siswa tersebut. Untuk hadiah seperti itu aku pikir tidak terlalu memberatkan dan sangat sederhana, tapi aku jamin akan ada perubahanya secara perlahan.


Sudah saatnya kita secara bersama-sama serentak untuk menggerakan kembali gerakan membaca. dan salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan perpustakaan secara maksimal dimana anda berada.


---------------------------------------------
Kirim tulisan anda melalui WhatsApp Kami 08586 8080 173